04 Jun

Baturaja Timur –Dalam rangka penilaian lapangan pemilihan sekolah Adiwiyata, SMK Negeri 2 OKU dikunjungi oleh Tim Verifikasi penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (1/6).

Kedatangan tim Adiwiyata dari BLH Provinsi, Anis Ahir, S.P. dan Yeni Marsia, S.P. ke sekolah ini didampingi langsung oleh Kasubid.Evaluasi dan pelaporan BLH Kab OKU, Dra. Rusmah Dewi, serta M.Iqbal,S.Pd,M.Si. dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Mereka disambut langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 OKU,Drs.Rohan, beserta Dewan Guru. Untuk Tahun 2016, ada sekitar 5 sekolah di Kabupaten OKU yang masuk dalam seleksi penilaian Adiwiyata tingkat Kabupaten, dan SMK Negeri 2 OKU merupakan salah satu sekolah yang mewakili Kab.OKU untuk penilaian tingkat Provinsi .

smkn2okuberbudayalingkungan2

Penilaian sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program kompetensi sekolah untuk peduli dan berbudaya lingkungan dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif kerusakan lingkungan di masa mendatang. SMK Negeri 2 OKU memiliki keinginan dan komitmen untuk mengimplementasikan kepedulian dan berbudaya lingkungan bagi seluruh warga sekolah. Hal ini terlihat dari semua kegiatan yang dilaksanakan dan juga telah dimasukkan dalam program sekolah seperti halnya pelaksanaan kegiatan 9K, Bank Sampah, pengomposan, Green House dan juga Jumat Bersih.

Adapun materi yang dinilai oleh Tim penilai Adiwiyata provinsi itu diantaranya, dokumen-dokumen, penilaian wawancara dengan guru dan kepala sekolah, serta hal-hal yang terkait dengan adiwiyata. Penilaian juga dimulai dari beberapa aspek fisik sekolah, seperti kebersihan di dalam maupun di luar lingkungan ruangan fisik sekolah, kebersihan toilet siswa dan guru, drainase, saluran air, penghijauan lingkungan sekolah serta efisiensi operasional pemakaian listrik dan air.

Usai kegiatan penilaian Kepala SMK Negeri 2 OKU Drs. Rohan mengatakan, dari hasil peninjauan lapangan dan penilaian administrasi yang dilakukan oleh Tim Adiwiyata Provinsi, mereka merasa puas melihat kondisi lingkungan sekolah dan administrasi sekolah yang sudah memenuhi sekolah standart Adiwiyata. Karena secara garis besar sekolah telah memenuhi kriteria penilaian yang dilakukan. Dan tim penilai adiwiyata provinsi juga menyarankan kepada SMK Negeri 2 untuk ikut juga dalam kegiatan penilaian sekolah adiwiyata tingkat Nasional yang akan diverifikasi langsung oleh tim penilai yang berasal dari Serpong, Tangerang. Tentu ini adalah tantangan sekaligus pekerjaan besar yang membutuhkan kerja keras dari semua unsur –unsur yang terlibat dalam mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Harapan kami semua sebagai warga SMK Negeri 2 OKU, semoga Adiwiyata tingkat provinsi dapat kami raih sebagai bekal untuk menuju tingkat selanjutnya. SMK Negeri 2 OKU menuju Adiwiyata Nasional, Good Luck dan Go Green (IE)

Leave a Comment